Gii CRUD Generator, Otomatisasi Pembuatan Model Yii dari Database

5 Nov 2012
Database dapat dipandang sebagai media untuk menyimpan suatu informasi secara terstruktur. Tiap tiap user diberi otorisasi untuk melakukan manipulasi terhadap media tersebut. MySQL merupakan salah satu produk database yang banyak digunakan. Selain karena free, juga karena fiturnya ga kalah dengan yang komersial. Pada postingan kali ini kita akan mencoba mengintegrasikan yii dengan database (MySQL). Outputnya adalah kita dapat melakukan fungsi dasar sistem yaitu CRUD.


Modifikasi main.php


Untuk dapat bekerja dengan database kita perlu mengubah kembali konfigurasi main.php. Listing singkat dapat dilihat pada kode ini


Membuat Database


Buatlah database dengan nama heloyii dan isikan dengan perintah:

CREATE DATABASE `heloyii` ;
CREATE TABLE `heloyii`.`blog` (
`id` INT UNSIGNED NOT NULL AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY ,
`title` VARCHAR( 64 ) NOT NULL ,
`content` TEXT NOT NULL ,
`url` VARCHAR( 64 ) NOT NULL ,
UNIQUE (
`url`
)
) ENGINE = MYISAM ;


*hint: gunakan phpmyadmin untuk menjalankan skrip ini!

Membuat Model

Tahapan selanjutnya kita akan membuat kelas entitas (model) yang merepresentasi tabel dan kolom dalam database. Yii menggunakan Gii untuk membuat model model tersebut. Login ke http://localhost/heloyii/gii dan masukkan password seperti yang didefinisikan pada main.php
Gii, Yii Generator
Gii, Yii Generator
Klik Model Generator, maka muncul tampilan seperti di bawah!
Model Generator
Model Generator
Klik Generate, maka model otomatis tercipta. Langkah selanjutnya membuat CRUD!

CRUD Generator

Agar sistem yang dibangun memiliki kemampuan manipulasi data, maka harus dibuat fungsi yang berkaitan dengan CRUD (Create, Retrieve, Update, Delete). Dengan Generator ini kita tidak perlu bersusah payah membuat program CRUD tersebut. Klik link Crud Generator dan isi seperti ini.

CRUD Generator
CRUD Generator

Jika sudah berhasil membuat CRUD, coba uji dengan mengetikkan URL di http://localhost/heloyii/blog. Jika hasil sama seperti gambar dibawah, berarti kamu telah menyelesaikan misi ini.
Finishing Project

Nantikan kembali tutorial berikutnya. Stay here.

No comments:

Post a Comment