Senjata Andalan Yii, Penakluk Hati Pengembang Aplikasi

2 Nov 2012
Jika pada post yang lalu telah dibahas mengapa menggunakan Yii, maka post kali ini membahas mengenai senjata (fitur) utama dari Yii. Masing - masing framework PHP pasti memiliki senjata andalan untuk memenangkan hati para pengembang aplikasi website. Pada keadaan default Yii telah menyediakan sekumpulan tool yang powerful sehingga pengembangan aplikasi menjadi efisien. Dikutip dari situs Yii, senjata andalan yang menjadi the main features of Yii adalah:

Model-View-Controller (MVC) design pattern

Model design pattern ini memperbolehkan pengembang untuk memisahkan antara bussiness logic dan layer presentasi (lihat pada post seberapa penting mvc)

Kemudahan untuk menampilkan data dari Database

Pembuatan aplikasi (pasti) melibatkan database, Yii mendukung hampir seluruh akses database (via PDO). Dalam perjalanan pembuatan model yang berinteraksi dengan database mau tidak mau kita harus menulis seabrek statemen SQL. Tentu saja ini terasa sangat merepotkan manakala tabel entitas sangat banyak. Nah Yii telah menyediakan fitur yang menyederhanakan proses manipulasi data seperti Database Access Objects (DAO), Query Builder, Active Record.

Validasi Input

Validasi dengan yii sangat mudah dan aman. Datang dengan sejumlah fungsi validasi untuk memudahkan proses validasi

Dukungan terhadap AJAX

Terintegrasi dengan jQuery(default) dengan plugin seperti autocomplete, treeview, datagrid.

Otorisasi dan otentikasi

Yii mempermudah proses otorisasi dan otentikasi suatu user berdasarkan role (RBAC) ataupun berdasarkan action controller (ACL).

Tema Web

Jika pernah menggunakan ASP.NET MVC pasti akan tahu tentang skema layout dan templating. Yii mengadposi teknik tersebut untuk mempermudah mengubah tampilan website

Web Service

Yii memiliki kemampuan untuk menggenerate WSDL service secara otomatis dan mengatur permintaan layanan web service.

Internationalionalisai dan lokalisasi

Yii mendukung internasionalisasi dan lokalisasi yang meliputi translasi ke berbagai bahasa, format waktu dan angka berdasarkan lokalisasi tempat dan bahasa

Dukungan terhadap plugin pihak ketiga

Tidak banyak yang menawarkan dukungan plugin dari framework lain. Dengan Yii hampir semua macam plugin dapat dijalankan di Yii tanpa ada masalah.

Untuk fitur lainnya dapat dilihat pada halaman fitur Yii.

No comments:

Post a Comment